Minta Penjelasan Soal Jet Tempur, Inggris Panggil Dubes Rusia

Jum'at, 30 Januari 2015 - 19:50 WIB
Minta Penjelasan Soal Jet Tempur, Inggris Panggil Dubes Rusia
Minta Penjelasan Soal Jet Tempur, Inggris Panggil Dubes Rusia
A A A
LONDON - Kementerian Luar Negeri Inggris dikabarkan telah memanggil Duta Besar (Dubes) Rusia untuk negara tersebut. Pemanggilan ini terkait pelanggaran batas wilayah yang dilakukan oleh jet tempur Rusia pada pertengahan pekan lalu.

"Manuver pesawat Rusia tersebut merupakan bagian dari pola peningkatan operasi Rusia, yang sudah melewati batas terbang mereka," kata Kementerian itu dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sky News, Jumat (30/1/2015).

Menurut mereka, manuver pesawat Rusia tersebut itu juga telah menyebabkan kekacauan dalam penerbangan sipil di Inggris. "Itulah sebabnya mengapa kami memanggil Dubes Rusia, kami ingin minta penjelasan mengenai hal ini," Kementerian itu menambahkan.

Rabu lalu, pesawat-pesawat jet tempur Inggris beraksi untuk mencegat dua jet tempur Rusia yang menerobos wilayah di dekat pertahanan udara Inggris di langit Bournemouth. Inggris mengerahkan Thyphoon untuk menghalau jet-jet tempur Rusia tersebut.

insiden ini sendiri semakin memperburuk hubungan antara Inggris dan Rusia. Hubungan kedua negara menegang paska kasus pemebunuhan terhadap mantan mata-mata Rusia Alexander Litvinenko di London.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6887 seconds (0.1#10.140)