Belum Ada Tanda-tanda Damai di Ukraina Timur

Kamis, 29 Januari 2015 - 19:49 WIB
Belum Ada Tanda-tanda Damai di Ukraina Timur
Belum Ada Tanda-tanda Damai di Ukraina Timur
A A A
KIEV - Pertempuran nampaknya masih akan jadi pemandangan umum bagi warga di wilayah Ukraina timur. Sampai saat ini belum ada tanda-tanda yang menunjukan bahwa pertempuran akan segera berakhir di wilayah itu.

Melansir Sputnik, Kamis (29/1/2015), tanda-tanda ini semakin jelas dengan munculnya pernyataan dari Presiden Ukraina, Petro Poroshenko. Raja coklat Ukraina menyatakan akan terus mempertahankan pasukannya di wilayah Ukraina timur, khusunya di sekitar Donbas.

Dirinya berujar, kebijakan ini diambil sebagai bentuk pertahanan diri dari serangan-serangan yang kerap dilakukan oleh pasukan separatis pro-Rusia. Donbas merupakan salah satu wilayah di Ukraina timur yang masih dalam penguasaan pemerintah Ukraina.

"Situasi di Donbas, sayangnya masih sangat tegang. Prajurit kami akan terus disiagakan untuk menahan serangan di sepanjang garis depan," ucap Poroshenko. "Kami akan mengambil langkah-langkah strategis dan taktis, serta menambah opsi militer dan juga politik untuk memperkuat pertahanan kami," tambahnya.

Sikap serupa juga ditampilan oleh pihak separatis, dimana mereka menyatakan tidak pernah tertarik dan tidak berencana untuk kembali melakukan negoisasi gencatan senjata dengan pemerintah Ukraina. Jalur militer sepertinya menjadi opsi utama kedua belah pihak untuk menyelesaikan konflik di wilayah tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4327 seconds (0.1#10.140)