Ke Indonesia Michelle Obama Berkerudung, ke Saudi Tidak

Kamis, 29 Januari 2015 - 16:33 WIB
Ke Indonesia Michelle Obama Berkerudung, ke Saudi Tidak
Ke Indonesia Michelle Obama Berkerudung, ke Saudi Tidak
A A A
RIYADH - Sowan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan istrinya, Michelle Obama, ke raja baru Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud jadi buah bibir. Sebab, selama bertemu, Michelle tidak berkerudung dan tidak disalami puluhan pejabat Saudi.

Penampilan Michelle yang lawatan ke Saudi tanpa kerudung itu berbeda, ketika dia berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu. Tepatnya, Michelle berkerudung saat bertemu salah satu imam masjid di Jakarta.

Obama dan Michelle menghabiskan lima jam dalam lawatan ke Saudi. Kedatangan pasangan nomor satu AS itu sekaligus untuk berbelasungkawa atas meninggalnya Raja Saudi sebelumnya, Abdullah bin Abdulaziz.

Obama dan rombongannya mendarat di Washington DC pada hari Rabu waktu AS atau hari ini (29/1/2015) WIB. Saat turun dari pesawat Air Force One, Obama melambaikan tangan kepada wartawan dan tersenyum. Tapi, Michelle terus menunduk.

Saat mereka berjalan menuju Gedung Putih, Obama memegang tangan istrinya yang terus menunduk sebagai sikap dukungan, setelah puluhan pejabat Saudi menolak untuk berjabat tangan dengan Michelle.

Penampilan Michelle yang sowan ke Kerajaan Arab Saudi tanpa berkerudung itu menuai kritik di media sosial. Tak hanya soal busana, kunjungan Michelle juga dikritik karena Saudi dianggap memiliki catatan buruk terkait pelanggaran HAM.

Menurut Washington Post, kritik terhadap Michelle Obama ada lebih dari 1.500 tweet. Mayoritas kritik yang muncul menggunakan tagar #Michelle_Obama_unveiled.

Sedangkan media sosial di Saudi, justru ramai memperbincangkan reaksi Raja Salman yang meninggalkan Obama dan istrinya demi untuk berdoa atas meninggalnya Raja Abdullah.

”Raja Salman meninggalkan Obama untuk berdoa menarik lebih dari 170 ribu pesan,” tulis kantor berita BBC.

”Ini adalah orang yang meninggalkan pemimpin negara yang paling penting di dunia untuk berdoa,” tulis salah satu pengguna Twitter di Saudi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3907 seconds (0.1#10.140)