Israel Waswas Kepentingannya di Luar Negeri Diserang Hizbullah

Senin, 26 Januari 2015 - 15:54 WIB
Israel Waswas Kepentingannya di Luar Negeri Diserang Hizbullah
Israel Waswas Kepentingannya di Luar Negeri Diserang Hizbullah
A A A
YERUSALEM - Para pejabat tinggi Israel waswas kepentingan luar negeri Israel akan diserang Hizbullah Libanon, sebagai balas dendam setelah beberapa anggota mereka tewas oleh serangan Israel.

Surat kabar berbahasa Arab Al-Hayat mengutip diplomat Barat, melaporkan bahwa para pejabat Israel di Yerusalem berusaha menyampaikan pesan kepada Hizbullah melalui saluran tidak langsung.

Pesan itu berupa peringatan keras dari Israel agar Hizbullah jangan berani-berani menyerang kepentingan Israel di luar negeri. Israel sendiri kesulitan menyampaikan peringatan itu karena tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Libanon.

“Israel akan terus menuntut Hizbullah bertanggung jawab atas serangan terhadap lembaga dan kepentingannya (di luar negeri), termasuk daerah yang diketahui sering dikunjungi oleh pejabat Israel di seluruh dunia,” tulis Al-Hayat, mengutip para diplomat Barat yang berkomunikasi dengan para pejabat Israel.

Sikap waswas Israel itu menyusul reaksi Hizbullah yang berkali-kali mengancam untuk membalas dendam atas kematian beberapa anggota mereka akibat serangan rudal Israel di Quneitra, Suriah.

Koran Kuwait, Al-Anba, mengutip sumber-sumber pemerintah Libanon melaporkan, bahwa kelompok Hizbullah semakin tidak sabar untuk melakukan serangan balas dendam, meski hal itu akan memicu perang Israel-Libanon kedua setelah perang pertama pecah tahun 2006 silam.

”Hizbullah tidak hanya memiliki keberanian (berdiri menghadapi Israel) tetapi juga memiliki tingkat tinggi kebijaksanaan,” kata Muhammad Fneish, seorang menteri Libanon yang juga anggota Hizbullah.

”Setiap kali respon akan datang, dampak terhadap Libanon akan dipertimbangkan sebelum bertindak,” lanjut menteri Libanon itu yang juga dilansir Jerusalem Post, Senin (26/1/2015).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4938 seconds (0.1#10.140)