Kuasai Yunani, Partai Radikal Syriza Melawan Uni Eropa

Senin, 26 Januari 2015 - 09:51 WIB
Kuasai Yunani, Partai Radikal Syriza Melawan Uni Eropa
Kuasai Yunani, Partai Radikal Syriza Melawan Uni Eropa
A A A
ATHENA - Partai sayap kiri radikal Yunani, Syriza, menguasai Yunani setelah memenangkan Pemilu parlemen. Partai anti-penghematan itu menyiapkan perlawanan dengan Uni Eropa atas rencana mem-bailout Yunani secara besar-besaran.

Partai Syiriza meraih 36 persen suara, dan mengalahkan Partai Demokrasi Baru, ,partai yang sebelumnya berkuasa dengan meraih 28 persen suara.

Dengan kemenangan bersejarah ini, pemimpin Partai Syiriza, Alexis Tsipras, 40, akan menjadi Perdana Menteri Yunani termuda.”Yunani meninggalkan penghematan yang jadi bencana,” katanya.

Dia bersumpah untuk negosiasi ulang persyaratan bailout Uni Eropa dan IMF sebesar 240 miliar euro. ”Saya dapat meyakinkan Anda, bahwa pemerintah baru akan bekerja sama dengan para kreditur dan menegosiasikan solusi yang layak,” ucap Tsipras.

Perdana Menteri Yunani saat ini, Antonis Samaras, telah mengakui kekalahannya dan mengucapkan selamat pemimpin Syriza, Alexis Tsipras. Menurut Reuters, Senin (26/1/2015), pemimpin Yunani itu mengucapkan selamat kepada rival politiknya melalui telepon.

”Orang-orang Yunani telah memberikan suara dan kami semua menghormati keputusan mereka. Saya memiliki hati nurani yang bersih,” kata Samaras dalam sebuah pernyataan yang disiarkan stasiun televisi setempat.

”Partai Demokrasi Baru akan tetap siap untuk memainkan peran yang menentukan dalam perkembangan masa depan, sebagai penjamin tentu untuk tetap bersama Eropa,” lanjut Samaras.

Partai Syiriza, usai memenangkan Pemilu parlemen Yunani, telah memberikan konfirmasi. ”Ini adalah kemenangan bersejarah, kita masih harus melihat apakah itu akan menjadi kemenangan bersejarah yang besar. Ini mengirimkan pesan terhadap penghematan dan mendukung martabat serta demokrasi,” kata juru bicara Partai Syiriza, Panos Skourletis yang disiarkan Mega TV.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3857 seconds (0.1#10.140)