Serangan AS Gagal Hentikan ISIS

Selasa, 20 Januari 2015 - 17:33 WIB
Serangan AS Gagal Hentikan ISIS
Serangan AS Gagal Hentikan ISIS
A A A
WASHINGTON - Serangan besar-besaran yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS) dan koalisi internasional terhadap ISIS nampaknya tidak berpengaruh apapun pada kelompok radikal itu. Pasalnya, bukannya menyusut, kekuasaan ISIS justru semakin meluas di Suriah.

Melansir Daily Mail, Selasa (20/1/2015), fakta ini terungkap saat sebuah kelompok aktivis di Suriah mengeluarkan sebuah peta yang menunjukan wilayah yang telah dikuasai ISIS. Dalam peta itu, nampak wilayah yang dikuasai ISIS bertambah secara signifikan hanya dalam waktu enam bulan.

Hal ini pun turut diakui oleh Juru Bicara Kementerian Pertahanan AS, Laksamana John Kirby. “Kami mengakui wilayah yang dikuasai ISIS semakin luas," ucap Kirbi.

Dirinya berujar, hal ini terjadi karena AS dan sekutunya belum memfokuskan serangan pada wilayah Suriah. "Kami masih fokus untuk melakukan serangan di wilayah Irak terlebih dahulu," papar Kirby.

Sebelumnya, keluhan mengenai efektifitas serangan AS bukan hanya muncul dari sisi Suriah, melainkan juga dari sisi Irak. Ketua Parlemen Irak Selim al-Jabouri menyatakan usaha AS belum maksimal, dan belum memberikan dampak yang nyata bagi Irak.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4832 seconds (0.1#10.140)