Dua Hari, AS dan Sekutu Ganyang ISIS dengan 39 Serangan

Sabtu, 27 Desember 2014 - 15:28 WIB
Dua Hari, AS dan Sekutu Ganyang ISIS dengan 39 Serangan
Dua Hari, AS dan Sekutu Ganyang ISIS dengan 39 Serangan
A A A
RAQQA - Pasukan Amerika Serikat (AS) dan sekutu melakukan 39 serangan udara terhadap basis-basis ISIS dalam tempo dua hari.

Pesawat tempur, dan pesawat pembom AS dan koalisi tercatat menghantam 19 target kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Suriah dari jarak jauh.

Sedangkan di Irak, mereka melakukan 20 serangan udara. Demikian keterangan koalisi anti-ISIS seperti diberitakan Reuters, Sabtu (27/12/2014).

Di Suriah, 17 serangan dilakukan di dekat Kobane. Belasan serangan itu telah menghancurkan beberapa bangunan yang dikuasai ISIS, serta sejumlah kendaraan kelompok radikal tersebut. Dua serangan udara lainnya berlangsung di dekat Hasakah dan di dekat Raqqa.

Sementara itu, serangan di Irak menghantam sejumlah wilayah di dekat Al Asad, Sinjar, Mosul, Al Qaim, Baiji, Kirkuk, dan Falluja.

Komandan Sentral AS juga merilis video serangan besar-besaran terhadap ISIS pada 21 Desember 2014.

Secara terpisah, aktivis pemantau konflik Suriah mengatakan, kelompok militan juga melakukan serangan hebat pada hari Jumat, dengan korban jiwa lebih dari 50 orang.

“Beberapa serangan udara di kota-kota al-Bab dan tetangga Qabasin menewaskan sedikitnya 53 orang, termasuk tujuh anak,” kata Rami Abdurrahman, Direktur Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4064 seconds (0.1#10.140)