Pekerja Militer Ukraina Klaim Jet Tempur Kiev Penembak MH17

Kamis, 25 Desember 2014 - 17:27 WIB
Pekerja Militer Ukraina Klaim Jet Tempur Kiev Penembak MH17
Pekerja Militer Ukraina Klaim Jet Tempur Kiev Penembak MH17
A A A
MOSKOW - Seorang pekerja militer Ukraina membuat klaim yang mengejutkan. Dia menyebut, salah satu pesawat jet tempur militer Ukraina-lah yang menembak jatuh pesawat Malaysia Airlines MH17.

Menurut pekerja pangkalan militer Ukraina, pada hari pesawat MH17 jatuh, sebuah pesawat jet temur Su-25 lepas landas dari sebuah pangkalan udara di Dnipropetrovsk timur dan membawa rudal mematikan dan ditembakkan ke udara.

Berbicara kepada surat korban Moskow, Komsomolskaya Pravda, pekerja militer Ukraina yang minta namanya dilindungi itu mengatakan,bahwa pesawat jet tempur Su-25 kembali bersama pilotnya tanpa membawa rudal mematikan itu.

Pesawat jet tempur Su-25 yang dia sebut sebagai penembak pesawat Malaysia Airlines MH17 dipiloti oleh Kapten Vladislav Voloshin. Menurutnya, pilot tersebut bingung ketika menargetkan serangan militer.”Pesawat itu (MH17) di tempat yang salah, pada waktu yang salah,” kata pekerja militer Ukraina itu menirukan ucapan pilot Voloshin.

Sumber militer Ukraina itu melanjutkan;”Di suatu hari, kira-kira satu jam sebelum Boeing (pesawat MH17) ditembak jatuh, tiga tentara berangkat.”

Pesawat MH17 jatuh di Donetsk, Ukraina timur beberapa bulan lalu ketika dalam perjalanan dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur. Sebanyak 298 penumpang dan awak tewas dalam tragedi itu. Dari ratusan penumpang yang tewas, beberapa di antaranya warga Indonesia.

Sesaat setelah tragedi, muncul tuduhan, terutama dari negara-negara Barat, bahwa pesawat MH17 ditembak jatuh oleh separatis Ukraina pro-Rusia dengan rudal Buk buatan Uni Soviet. Namun, separatis Ukraina menyangkal tuduhan itu.

Sementara itu, juru bicara Komite Investigasi Rusia percaya dengan kesaksian pekerja militer Ukraina itu. ”Menurut laporan, ia secara pribadi melihat pesawat dipiloti oleh Voloshin yang dipersenjatai dengan Rudal R-60,” katanya dalam pernyataan yang disiarkan stasiun televisi Rusia, Kamis (25/12/2014).

Sedangkan pemerintah Ukraina membantah klaim bahwa pesawat jet tempur mereka yang menembak jatuh pesawat MH17.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5208 seconds (0.1#10.140)