WikiLeaks: CIA Menyusup ke Eropa dengan Menyamar

Senin, 22 Desember 2014 - 08:55 WIB
WikiLeaks: CIA Menyusup ke Eropa dengan Menyamar
WikiLeaks: CIA Menyusup ke Eropa dengan Menyamar
A A A
LONDON - Situs anti-kerahasiaan, WikiLeaks, merilis dua dokumen rahasia. Isinya berupa operasi penyusupan agen CIA ke negara-negara Uni Eropa dengan cara menyamar.

Cara itu digunakan untuk menghindari sistem keamanan global di setiap bandara internasional. Dokumen rahasia pertama yang dirilis WikiLeaks tertulis September 2011. Dalam dokumen itu, CIA melakukan operasi penyamaran saat dilakukan screening di bandara.

Sedangkan dokumen rahasia kedua tertulis Januari 2012, di mana CIA menyajikan gambaran rinci prosedur pengontrolan perbatasan Uni Eropa. Rincian itu meliputi, langkah-langkah menghindari sistem keamanan elektronik, termasuk Sistem Informasi Schengen (SIS) dan sistem sidik jari Eropa atau EURODAC.

Chief Editor WikiLeaks, Julian Assange, mengatakan, dokumen-dokumen itu menjadi bukti bahwa di bawah pemerintahan Presiden Barack Obama, CIA masih berniat menyusup ke perbatasan Uni Eropa. ”Dan melakukan operasi klandestin di negara-negara anggota Uni Eropa,” katanya dalam rilis di situs WikiLeaks beberapa jam lalu.

CIA maupun Gedung Putih belum berkomentar soal bocornya dokumen rahasia itu.

Pada hari Jumat lalu, WikiLeaks juga merilis sebuah dokumen rahasia CIA terkait program pembunuhan terhadap tokoh-tokoh tertentu, terutama tokoh radikal. Program pembunuhan itu, termasuk serangan drone yang dianggap efektif dalam beberapa kasus. Tapi, CIA mengakui, program pembunuhan itu dapat menjadi bumerang bagi Amerika Serikat.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4477 seconds (0.1#10.140)