Fidel Castro Kadang Percaya Guevara Masih Hidup

Sabtu, 20 Desember 2014 - 16:11 WIB
Fidel Castro Kadang Percaya Guevara Masih Hidup
Fidel Castro Kadang Percaya Guevara Masih Hidup
A A A
HAVANA - Mantan pemimpin Kuba, Fidel Castro terkadang masih percaya jika kawan revolusioner-nya, Che Guevara, masih hidup.

Dengan anggapan itu, keluarga Guevara bingung bagaimana Fidel Castro akan menyamapikan berita kepada Guevara bahwa Kuba kini telah berdamai dengan Amerika Serikat (AS).

Keanehan pemikiran Fidel Castro itu diungkap Aleida Guevara, anak tertua dari empat besaudara dari pasangan Che Guevara dan istri keduanya, kepada MailOnline.

Keanehan itu disampaikan Aleida terlepas dari kabar bahwa Fidel Castro kaget ketika pemerintah Kuba yang kini dipimpin adiknya, Raul Castro mengakhiri permusuhan dengan AS.

”Fidel mengatakan kepada saya berkali-kali, bahwa ia bermimpi bertemu dengan Che (Guevara). Dia bermimpi dan dalam mimpi itu dia melihat Che Guevara seperti dirinya,” kata Aleida Guevara. Dalam wawancara, Aleida menggambarkan sosok Fidel Castro yang kini berusia 88 tahun sebagai tokoh komunis yang bermental rapuh.

”Kadang-kadang ketika saya berbicara dengannya tentang ayah saya, saya memiliki senyum di wajah saya karena Fidel tidak menyadari dia berbicara tentang ayah saya dalam waktu sekarang,” ujar Aleida, yang dilansir Sabtu (20/12/2014).

“Saya menunjukkan hal ini kepadanya, dan respons Fidel adalah; ’Tapi ayahmu ada di sini, sekarang’,” lanjut Aleida menirukan ucapan Fidel Castro.

Menurut Aleida, Fidel Castro berbicara tentang hubungan mereka dalam waktu sekarang. “Karena itulah yang ia rasakan. Ayah masih bersama kami,” imbuh Aleida.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3753 seconds (0.1#10.140)