Kemlu: Jemaah Umrah RI yang Tertahan di Thailand Dipulangkan

Kamis, 18 Desember 2014 - 15:43 WIB
Kemlu: Jemaah Umrah RI yang Tertahan di Thailand Dipulangkan
Kemlu: Jemaah Umrah RI yang Tertahan di Thailand Dipulangkan
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia, mengatakan, ratusan jemaah umrah Indonesia yang tertahan di Thailand akan dipulangkan ke Tanah Air.

Kemlu telah mendesak penyelenggara umrah untuk bertanggung jawab atas insiden itu.

Deputi Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI), Lalu Muhammad Iqbal pada Kamis (18/12/2014), mengatakan bahwa saat ini ratusan jamaah tersebut akan dipulangkan ke Jakarta.

"Proses pemulangan sedang dilakukan," ucap Iqbal. Namun, dia belum bisa memastikan apakah para jamaah tersebut akan tetap diterbangkan ke Arab Saudi untuk umrah atau tidak.

Namun, salah satu dari tiga pihak penyelenggara perjalanan umrah tersebut, yakni PT Sanabil Madinah Barakah saat dihubungi awak media menegaskan bahwa para jemaah sudah kembali diterbangkan ke Jedah, untuk menjalankan ibadah umrah.

Menurut keterangan penyelenggara umrah, sekitar 110 orang dari total 240 jemaah yang tertahan di Thailand sudah diberangkatkan pada tanggal 16 Desember lalu dan tiba satu hari setelahnya. Sedangkan 130 orang lainnya dikabarkan akan segera menyusul untuk menjakankan ibadah umrah.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4874 seconds (0.1#10.140)