Penyaderaan Berakhir, Sydney Berkabung

Selasa, 16 Desember 2014 - 19:10 WIB
Penyaderaan Berakhir, Sydney Berkabung
Penyaderaan Berakhir, Sydney Berkabung
A A A
SYDNEY - Berakhirnya penyaderaan yang dilakukan oleh Man Haron Monis, seorang warga negara Iran yang mendapat suaka politik di Australia ternyata meninggalkan duka tersendiri bagi warga Sydney.

Melansir Al Arabiya, Selasa (16/12/2014), warga kota Sydeney dilaporkan segera memenuhi lokasi kejadian, tidak lama setelah insiden penyaderaan berdarah itu terjadi. Tiga orang, termasuk pelaku tewas dalam aksi yang berlangsung selama 16 jam itu.

Sebelumnya, Perdana Menteri Australia Tony Abbott dalam pidatonya mengecam dengan keras aksi penyanderaan yang dilakukan oleh Monis tersebut. Abbott menyebut aksi tersebut dilakukan oleh seorang yang memiliki kelainan jiwa.

Pemerintah kota Sydney pun dikabarkan memerintahkan semua gedung pemerintah dan juga swasta di kota tersebut untuk mengibarkan bendera setengah tiang. Kebijakan ini diambil sebagai bagian dari bentuk penghormatan dan simbol berkabung nasional.

Total setidaknya 18 orang menjadi korban dalam penyaderaan tersebut, dengan dua diantaranya tewas dan empat orang menderita luka-luka. Polisi Australia sendiri hingga saat ini masih melakukan penyelidikan apakah aksi ini merupakan aksi individual atau ada kelompok yang membelakanginya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3670 seconds (0.1#10.140)