TMMD Kodim 0621 Rampung, Jalur Alternatif Bogor Barat Bisa Dilalui Kendaraan

Kamis, 10 November 2022 - 08:43 WIB
loading...
TMMD Kodim 0621 Rampung, Jalur Alternatif Bogor Barat Bisa Dilalui Kendaraan
Jalan sepanjang 1,7 kilometer yang menghubungkan dua desa di Cigudeg dan Rumpin, Kabupaten Bogor sudah bisa dilalui kendaraan. Foto/MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Pembangunan jalan sepanjang 1,7 kilometer yang menghubungkan dua desa di Cigudeg dan Rumpin, Kabupaten Bogor rampung. Jalan yang membelah perbukitan dalam program TMMD ke-115 Pemkab Bogor dengan Kodim 0621 itu bisa dilalui kendaraan.

”Program TMMD ini merupakan pembangunan jalan menyambungkan jalur dua kecamatan yakni Kecamatan Rumpin dan Cigudeg dan dua desa, Desa Banyuasih dan Desa Rabak yang terputus dan terisolir,” kata Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan, Kamis (10/11/2022).

Iwan mengatakan, dengan terhubungnya dua desa ini sangat berdampak positif bagi perekonomian warga dua desa. Selain itu, juga dapat mempersingkat jarak dan waktu tempuh dari jalan yang sebelumnya.

”Pasti akan berdampak ekonomi, pendidikan, sosial, akan naik. Karena jalurnya lebar dan menjadi jalur alternatif Rumpin mau ke Cigudeg maupun sebaliknya tidak perlu muter jauh banget. Di sini jalurnya hanya setengah jam nyampe,” tegasnya.

Jalan nantinya ini bisa naik status menjadi jalan desa atau kabupaten. Sehingga pemeliharaan dan peningkatan jalan bisa dilakukan. ”Untuk memelihara ini, kami ada anggaran setiap tahun kita cairkan ke desa. Ini bisa dijadikan jalan dengan dana Samisade,” ungkapnya.

Kepala Staf Kodam (Kasdam) III Siliwangi Brigjen TNI Widjanarko mengatakan program TMMD tahun ini juga hadir di wilayah lainnya di Jawa Barat yakni Serang, Tasimalaya dan Subang.

”Apa yang sudah dibangun Pemda dan kita, TMMD ini harapannya dipelihara, dijaga, kalau bisa ditingkatkan. Sehingga bisa bermanfaat sekali dengan masyarakat. Sekarang baru diperkeras, mungkin bisa dari Pemda diaspal sehingga bisa lebih bermanfaat lagi. Harapan kita setelah satu bulan ini TNI bersama masyarakat silaturahmi tetap terjaga,” ucap Widjanarko.

Diketahui, Kodim 0621 Kabupaten Bogor dan Pemkab Bogor memulai pembangunan jalan dalam program TMMD ke-115 pada Oktober 2022. Jalan ini memilik panjang 1,7 kilometer dengan lebar 10 meter.

Selain membangun infrastruktur jalan, dalam TMMD ini juga dilaksanakan bakti sosial kepada masyarakat. Seperti bedah rumah, pengobatan gratis, renovasi masjid, pembuatan pos kamling dan lainnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2442 seconds (0.1#10.140)