Perbedaan CIA dan FBI dalam Tugas serta Wewenang

Sabtu, 05 November 2022 - 05:45 WIB
loading...
Perbedaan CIA dan FBI dalam Tugas serta Wewenang
Para investigator FBI berkumpul di suatu lokasi. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - CIA dan FBI adalah dua lembaga yang sangat ternama di penjuru dunia. Lantas apa perbedaan antara kedua lembaga pemerintah Amerika Serikat (AS) tersebut?

Central Intelligence Agency (CIA) adalah badan intelijen pusat milik Amerika Serikat (AS). CIA mempunyai tugas mengumpulkan, memproses, serta menganalisa informasi keamanan nasional dari seluruh dunia.

Umumnya, pencarian informasi dilakukan menggunakan human intelligence (humint) dan dilakukan secara rahasia.

Cikal bakal CIA bermula dari kehadiran Office of Strategic Services (OSS) atau Kantor Pelayanan Strategis yang didirikan pada Juni 1942.



Saat itu, Presiden Franklin D Roosevelt menunjuk William J Donovan, pengacara di New York, untuk mengepalai OSS. OSS mempunyai mandat mengumpulkan serta menganalisis informasi strategis yang digunakan dalam perang.

OSS mempunyai sekitar 12.000 karyawan di Washington DC serta di tempat lainnya. Saat akhir Perang Dunia II, Presiden Harry S Truman yang menjabat setelah meninggalnya Roosevelt.

Ia memandang tidak perlu ada OSS dan perlu menghapusnya. Pada 1947, Kongres mengesahkan Undang-Undang Keamanan Nasional, yang menciptakan Dewan Keamanan Nasional dan CIA yang dikenal sekarang.



CIA dijalankan seorang oleh Direktur Intelijen Pusat (DCI). Umumnya, jabatan ini diisi oleh pemimpin dari berbagai bidang, seperti bisnis, politik, hingga militer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)