Menlu RI Akan Tingkatkan Perlindungan TKI

Rabu, 26 November 2014 - 21:44 WIB
Menlu RI Akan Tingkatkan Perlindungan TKI
Menlu RI Akan Tingkatkan Perlindungan TKI
A A A
JAKARTA - Masalah perlindungan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang berada di luar negeri masih menjadi salah satu isu yang menjadi menjadi sorotan tajam di Indonesia.

Menurut rilis Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu) yang diterima Sindonews.com pada Rabu (26/11/2014), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat melakukan kunjungan ke Singapura menyatakan, perlindungan serta pengembangan TKI akan terus ditingkatkan.

“Dalam pertemuan (dengan TKI), Menlu RI menyampaikan mengenai keberpihakan pemerintah terhadap TKI dan upaya optimalisasi perlindungan,” tulis rilis Kemlu. Retno mengujungi para TKI yang berada di Shelter Kedutan Besar Indonesia (KBRI) di Singapura. Para TKI tersebut saat ini menunggu penyelesaian proses hukum yang terkait dengan mereka.

Sebagai salah satu wujud perlindungan tersebut, KBRI Singapura dikabarkan telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan akses terhadap pendidikan bagi para TKI. Antara lain dengan memberikan berbagai kursus, kejar paket B & C, dan bahkan menjadi mahasiswa Universitas Terbuka.

“Selain melakukan pertemuan dengan para TKI yang sedang menghadapi masalah hukum, Menlu RI juga melakukan pertemuan terpisah dengan wakil Himpunan Penata Laksana Rumah Tangga (HPLRT),” lanjutnya.

Dalam pertemuan dengan HPLRT, menurut rilis Kemlu, Retno melakukan diskusi mengenai upaya peningkatan perlindungan TKI di luar negeri. Ditemukan fakta, masalah persiapan penempatan TKI adalah salah satu faktor dalam mengoptimalkan perlindungan TKI di luar negeri.

“Para TKI juga menyampaikan harapan yang sangat besar bahwa Pemerintah Indonesia akan dapat memberikan perlindungan yang lebih baik lagi bagi mereka,” tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5509 seconds (0.1#10.140)