Pemilu Tunisia Munculkan Harapan di Kawasan Afrika Utara

Minggu, 23 November 2014 - 13:39 WIB
Pemilu Tunisia Munculkan Harapan di Kawasan Afrika Utara
Pemilu Tunisia Munculkan Harapan di Kawasan Afrika Utara
A A A
TUNIS - Tunisia akhirnya sukses menggelar pemilihan umum (pemilu) pertama mereka semenjak 2011. Hal ini, menurut Perdana Menteri Tunisia, Mehdi Jomaa, bisa membuka jalan bagi negara lain di kawawsan Afrika utara untuk melakukan hal serupa.

Melansri Al-Arabiya, pemilihan presiden multi-kandidat pertama di Tunsia dipandang sebagai tahap akhir dari transisi pasca-pemberontakan di negara tersebut. Setidaknya terdapat 20 orang yang memperbutkan posisi sebagai pemimpin di negara tersebut.

“Kami adalah yang pertama untuk masuk ke dalam siklus perubahan ini di kawasan Afrika utara. Kami akan menjadi yang pertama (untuk membuat transisi), tetapi saya yakin yang lain akan segera mengikuti," katanya.

Setelah sukses menyelenggarakan pemilu Presiden, Tunisia dikabarkan akan segera menyelenggarakan pemilu parlemen. Setidaknya lima juta warga Tunsia terdaftar dalam pemilu tersebut.

Transisi yang bisa terbilang cukup berhasil di Tunisia sendiri, membuat negara tersebut mendapat pujian dari dunia internasional. Mayoritas negara di kawasan Afrika utara memang memiliki masalah dalam proses transisi pemerintahan, contohnya seperti Libya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6999 seconds (0.1#10.140)