Al-Shebab Akui Dibalik Serangan Bus di Kenya

Sabtu, 22 November 2014 - 22:37 WIB
Al-Shebab Akui Dibalik Serangan Bus di Kenya
Al-Shebab Akui Dibalik Serangan Bus di Kenya
A A A
NAIROBI - Dugaan polisi Kenya mengenai siapa dibalik penyerangan sebuah bus di perbatasan Kenya dan Somalia ternyata benar adanya. Militan al-Shebab mengakui bahwa merekalah yang melakukan serangan terhadap bus tersebut.

Melansir Xinhua, Sabtu (22/11/2014), juru bicara al–Shebab Sheikh Ali Mohamud Rage menyatakan serangan tersebut merupakan serangan balasa atas apa yang dilakukan pasukan Kenya di Mombasa. Pasukan Kenya melakukan operasi pencarian pendukung al-Shebab di Mombasa pekan lalu, dimana 350 orang ditangkap dan satu orang tewas dalam operasi tersebut.

"Pasukan kami berhasil melakukan operasi dekat Mandera dini hari tadi, yang mengakibatkan tewasnya 28 orang, sebagai balas dendam atas kejahatan yang dilakukan oleh tentara Kenya terhadap saudara-saudara Muslim kami di Mombasa," ucap Rage.

Dalam serangan tersebut, setidaknya 28 orang dari 60 penumpang bus tewas diberdong peluru oleh sekelompok orang bersenjata. Sedari awal, polisi Kenya menduga serangan tersebut memang dilakukan oleh al-Shebab.

Pemerintah Kenya juga dikabarkan segera melakukan serangan terhadap sebuah kamp al-Shebab yang berada di Somalia tidak lama setelah insiden penemabakan tersebut. Sekretaris Kabinet Kenya, Joseph Ole Lenku menyatakan pasukan militer Kenya masih terus mencari lokasi persembunyian al-Shebab lainnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5197 seconds (0.1#10.140)