Hadapi Pro-Rusia, AS Pasok Radar Anti-Mortir ke Ukraina

Sabtu, 22 November 2014 - 15:39 WIB
Hadapi Pro-Rusia, AS Pasok Radar Anti-Mortir ke Ukraina
Hadapi Pro-Rusia, AS Pasok Radar Anti-Mortir ke Ukraina
A A A
WASHINGTON - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon memasok radar anti-mortir kepada Ukraina. Alat itu diberikan AS untuk menghadapi separatis pro-Rusia di Ukraina timur.

Radar itu merupakan salah satu bantuan non-mematikan dari AS. Sebelumnya, Rusia telah memperingatkan AS untuk tidak memasok senjata mematikan, karena akan mendapat respons serius dari Moskow. (Baca: AS Hendak Pasok Senjata Mematika ke Ukraina, Rusia Meradang)

Ada sekitar 20 radar anti-mortir yang akan dipasok AS untuk Ukraina. Bantuan itu akan tiba dalam beberapa minggu ke depan.Selain memasok radar, Pentagon juga akan melatih pasukan bersenjata Ukraina pada pertengahan Desember 2014.

”Sistem radar pemantau mortir akan tiba, dan bisa dengan cepat mendeteksi mortir yang ditembakkan oleh musuh. Hal itu memungkinkan pasukan bisa bereaksi dengan tepat,” kata juru bicara Pentagon, Steve Warren dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters, Sabtu (22/11/2014).

Meski tidak memasok senjata mematikan kepada Ukraina, juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jeff Rathke, menyatakan, bahwa bantuan militer mematikan ke Ukraina, tetap bisa menjadi opsi.

Sebelumnya juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Alexander Lukashevych mengatakan, bahwa jika AS memutuskan untuk menawarkan senjata mematikan kepada Ukraina, itu akan menjadi pelanggaran langsung terhadap Perjanjian Jenewa.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4833 seconds (0.1#10.140)