Bir Merek 'Neraka Sialan' asal Jerman Bikin Heboh

Jum'at, 21 November 2014 - 15:32 WIB
Bir Merek Neraka Sialan asal Jerman Bikin Heboh
Bir Merek 'Neraka Sialan' asal Jerman Bikin Heboh
A A A
WINA - Produk bir asal Jerman memicu kehebohan gara-gara memakai kata-kata tidak pantas untuk dijadikan merek Produk bir itu bermerek "Fucking Hell" (neraka sialan).

Tak hanya bikin heboh, produk bir itu juga memicu kontroversi. Sebab, iklannya muncul di situs sayap kanan Partai Kebebasan Austria.

Merek bir itu, menurut pihak produsennya untuk menjelaskan bahwa bir mereka merupakan minuman ringan.

Merek bir seperti itu, sebenarnya pernah muncul pada tahun 2010. Kantor Pendaftaran Merek Dagang dan Desain Uni Eropapernah menolak pendaftaran merek bir itu, karena dianggap menjengkelkan dan menghina.

“Kombinasi kata itu diklaim tidak mengandung indikasi semantik yang bisa merujuk pada seseorang atau sekelompok orang tertentu. Juga diklaim tidak menghasut pada tindakan tertentu. Bahkan juga diklaim tidak dapat dipahami sebagai sebuah instruksi kepada pembaca untuk pergi ke neraka,” bunyi laporan kantor itu, mengacu pada alasan produsen bir tersebut, seperti dilansir Russia Today, Jumat (21/11/2014).

Merek "Fucking" itu, sebenarnya diambil dari nama yang sama dengan nama desa di Austria, yaitu desa Fucking. Namun, Walikota Salzburg, Franz Meindl, mengatakan kepada Austria Times, bahwa nama desa itu sebenarnya sudah dihapus dan tidak diinginkan lagi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2963 seconds (0.1#10.140)