AS Tolak Peringatan 'Bom Kotor' Rusia

Selasa, 25 Oktober 2022 - 19:58 WIB
loading...
AS Tolak Peringatan Bom Kotor Rusia
Menteri Pertahanan AS Llyod Austin. Foto/USA Today
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Llyod Austin menolak peringatan Moskow tentang dugaan rencana Kiev untuk menyebarkan "bom kotor" guna menjebak Rusia. Pernyataan itu muncul selama panggilan telepon dengan rekannya dari Ukraina pada hari Senin.

Kepala Pentagon itu berbicara dengan Menteri Pertahanan Ukraina Alexey Reznikov untuk menegaskan kembali komitmen teguh AS untuk mendukung kemampuan Ukraina untuk melawan agresi Rusia, menurut rilis terkait pembicaraan telepon tersebut.

Dia juga sangat mengutuk serangan Rusia terhadap infrastruktur sipil Ukraina dan menegaskan kembali bahwa Amerika Serikat menolak publik dan tuduhan palsu oleh Rusia tentang Ukraina. Llyod menggambarkannya sebagai dalih untuk eskalasi Rusia lebih lanjut dari perang yang melanggar hukum dan tidak dapat dibenarkan melawan Ukraina seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (25/10/2022).



Austin juga mengangkat masalah ini dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. Kedua pejabat itu membahas keterlibatan diplomatik baru-baru ini dengan Rusia dan apa yang mereka sebut tuduhan palsu Moskow bahwa Ukraina sedang bersiap untuk menggunakan bom kotor di tanahnya sendiri.

Stoltenberg mengulangi sentimen itu dalam sebuah wawancara dengan Politico, menggambarkan peringatan itu sebagai tidak masuk akal. Ia mengatakan bahwa Kiev berjuang sangat keras untuk membebaskan wilayahnya.

Pada hari Senin, Dmitry Peskov, juru bicara Kremlin, memperingatkan bahwa ancaman dari Ukraina terbukti, menambahkan bahwa ketidakpercayaan Barat tidak berarti bahwa ancaman itu tidak ada lagi.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, kemungkinan serangan 'bom kotor' akan memungkinkan Ukraina untuk menggambarkan Rusia sebagai "teroris nuklir", mengintimidasi penduduk setempat dan memicu eksodus pengungsi ke Uni Eropa.



Duta Besar Moskow untuk PBB, Vassily Nebenzia, menulis surat kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, mendesaknya untuk melakukan segala daya untuk mencegah kejahatan keji ini. Dia juga menyatakan bahwa Rusia akan menganggap penggunaan bom kotor oleh rezim Kiev sebagai tindakan terorisme nuklir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)