Indonesia-Jepang Siap Kerjasama Bidang Maritim

Senin, 10 November 2014 - 21:44 WIB
Indonesia-Jepang Siap Kerjasama Bidang Maritim
Indonesia-Jepang Siap Kerjasama Bidang Maritim
A A A
BEIJING - Cita-cita Indonesia untuk menjadi poros maritim dunia nampaknya mendapat dukungan dari berbagai pihak. Banyak negara yang mengajak Indonesia untuk bekerjasama dengan bidang maritim, termasuk di dalamnya adalah Jepang.

Berdasarkan rilis yang diterima Sindonews dari Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu), pada Senin (10/11/2014), pembahasan mengenai kerjasama ini dibicarakan saat pertemuan antara Presiden Indonesia, Joko Widodo dan Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe.

Kedua pemimpin bertemu di sela-sela Asia Pasific Economic Forum (APEC) yang berlangsung di Bejing, China. “Dalam pertemuan tersebut, Presiden RI dan PM Jepang telah sepakat untuk memperkuat komitmen kedua negara guna meningkatkan kerja sama yang lebih erat, produktif dan saling menguntungkan di berbagai bidang,” tulis rilis Kemlu.

“Secara khusus, Presiden Jokowi dan PM Abe membahas potensi kerja sama maritim dan pembangunan infrastruktur untuk membantu konektivitas di Indonesia guna mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” lanjutnya.

Selain membahas mengenai kerjasama maritim dan pembangunan infrastuktur, keduanya juga membahas mengenai kerjasama people to peole, seperti melalui peningkatan kunjungan wisatawan. Kedua pemimpin juga turut membahas mengenai isu regional dan global seperi masalah Laut China Selatan, ASEAN dan juga mengenai Dewan Keaman PBB.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5094 seconds (0.1#10.140)