Kelompok Ansar Bayt al-Maqdis Sumpah Setia pada ISIS

Selasa, 04 November 2014 - 13:43 WIB
Kelompok Ansar Bayt al-Maqdis Sumpah Setia pada ISIS
Kelompok Ansar Bayt al-Maqdis Sumpah Setia pada ISIS
A A A
SINAI - Kelompok militan paling aktif di Mesir, Ansar Bayt al-Maqdis, telah bersumpah setia kepada kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Ikrar sumpah setia itu muncul dari pernyataan kelompok yang kerap beraksi di Sinai Mesir tersebut. Kelompok yang terinpsirasi al-Qaeda ini kepada Reuters juga pernah menyampaikan niat mereka untuk bersumpah setia kepada ISIS.

”Setelah mempercayakan pada Tuhan, kami memutuskan untuk bersumpah setia kepada emir Abu Bakar al-Baghdadi, khalifah kaum muslim di Suriah dan Irak dan di negara lain,” bunyi pernyataan kelompok Ansar, seperti dikutip Reuters, Selasa (4/11/2014).

Kelompok radikal itu menjadi salah satu kelompok yang kerap bentrok dengan pasukan keamanan Mesir. Sudah ratusan tentara dan polisi Mesir tewas oleh serangan kelompok radikal sejak militer menggulingkan Presiden Mohamed Morsi yang didukung Ikhwanul Muslimin Mesir.

Pekan lalu pemerintah Mesir mengumumkan status darurat selama tiga bulan di wilayah Sinai utara, menyusul serangan yang menewaskan 33 personel keamanan Mesir.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3314 seconds (0.1#10.140)