Bentrok Pecah di Tepi Barat, Roket Gaza Hantam Israel

Sabtu, 01 November 2014 - 10:07 WIB
Bentrok Pecah di Tepi Barat, Roket Gaza Hantam Israel
Bentrok Pecah di Tepi Barat, Roket Gaza Hantam Israel
A A A
YERUSALEM - Bentrokan antara warga Palestina dan polisi Israel pecah di Tepi Barat setelah warga Muslim Palestina menjalankan salat Jumat. Di hari yang sama, roket asal Gaza menghantam wilayah Israel.

Bentrokan terbaru itu dipicu pembunuhan warga Palestina oleh polisi Israel karena dituduh sebagai penembak aktivis Yahudi garis keras. Saat warga Muslim Palestina menjalankan salat Jumat di Masjid al-Aqsa, polisi Israel dikerahkan di dekat masjid yang sehari sebelumnya ditutup Israel.

Di Tepi Barat, sekitar 300 warga Palestina melemparkan batu ke pasukan keamanan Israel di pos pemeriksaan Qalandiya di utara Yerusalem. Pasukan Israel, seperti dikutip Reuters, Sabtu (1/11/2014) menanggapi dengan tembakan peluru karet yang meluaki sekitar selusin warga Palestina.

Sampai saat ini, ketegangan di kompleks Masjid al-Aqsa, Yerusalem belum mereda. Azzam al-Khatib, kepala badan Wakaf Islam yang mengawasi tempat-tempat suci Muslim di Yerusalem, menyampaikan khotbah bernada keras di Masjid al-Aqsa. Dia menyebut hari Kamis sebagai “hari kelam” dan “bencana”.

Sedangkan serangan roket tidak menimbulkan korban maupun kerusakan di wilayah Israel, Itu merupakan roket kedua sejak Israel dan Hamas sepakat gencatan sejata usai perang 50 hari di Gaza.

Sementara itu, Amerika Serikat mengumumkan, bahwa pembicaraan antara Menteri Luar Negeri John Kerry dan kepala perunding Palestina, Saeb Erakat pada hari Senin (3/11/2014) di Washington untuk membahas bagaimana untuk memajukan proses perdamaian yang telah terhenti.

“Kerry juga akan membahas solusi untuk meredam ketegangan di Yerusalem dengan tim Palestina,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jennifer Psaki.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4620 seconds (0.1#10.140)