Swedia Resmi Akui Kedaulatan Palestina

Kamis, 30 Oktober 2014 - 15:27 WIB
Swedia Resmi Akui Kedaulatan Palestina
Swedia Resmi Akui Kedaulatan Palestina
A A A
STOCKHOLM - Pemerintah Swedia akhirnya memutuskan untuk mengakui kedaulatan Palestina. Isu Swedia akan mengakui kedaulatan Palestina mulai menyebar paska Perdana Menteri Swedia, Stefan Loefven menyatakan rencana tersebut.

“Pemerintah telah mengambil keputusan untuk mengakui kedaulatan negara Palestina," kata Menteri Luar Negeri Swedia, Margot Wallstrom dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya, Kamis (30/10/2014).

Menurutnya, langkah ini merupakan sebuah keputusan penting yang akan memiliki dampak terhadap warga Palestina. "Ini merupakan langkah penting yang menegaskan hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib mereka sendiri," tambahnya.

Wallstrom menyatakan, langkah ini diambil Swedia untuk membuat posisi Palestina sejajar dengan Israel dalam proses pembicaraan gencatan senjata lanjutan yang akan digelar pekan depan. “Hal ini juga dapat memberikan harapan kepada anak muda di kedua sisi,” imbuhnya.

Dengan munculnya pernyataan resmi ini membuat Swedia menjadi negara pertama anggota Uni Eropa (UE) dari wilayah Eropa Barat yang menyatakan pengakuan terhadap kedaulatan Palestina. Total setidaknya sudah sekitar 120 negara yang mengakui Palestina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4367 seconds (0.1#10.140)