Indonesia Anggap Belanda Mitra Penting

Kamis, 30 Oktober 2014 - 13:19 WIB
Indonesia Anggap Belanda Mitra Penting
Indonesia Anggap Belanda Mitra Penting
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia bertekad memperluas kerjasama dengan Belanda. Indonesia menganggap Belanda sebagai salah satu mitra penting.

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Amerika dan Eropa Kemlu, Duta Besar Dian Triansyah Djani, hubungan Indonesia dan Belanda sudah terjalin sangat luas dan mencakup banyak bidang, "Mulai dari politik hingga ekonomi,” katanya saat ditemui Sindonews.com, Kamis (30/10/2014) di salah satu hotel di bilangan Sarinah, Jakarta.

”Sejak awal hubungan kedua negara dimulai, setidaknya sudah 80 perjanjian yang berhasil disepakati, di luar dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) terbaru ini," imbuh dia, merujuk pada perjanjian kerjasama badan pendidikan diplomasi Indonesia.

Menurutnya, pada tahun ini saja sudah ada enam menteri Belanda yang melakukan kunjungan ke Indonesia. Hal ini, kata dia, menjadi salah satu indicator seberapa erat kerjasama Indonesia dan Belanda.

Dirjen yang kerap dipanggil Trian, ini juga mengutarakan, bahwa hubungan kedua negara saat menjalar ke kerjasama kebudayaan dan militer. Di mana, salah satunya sudah ada penandatangan MoU antara Departemen Pertahanan kedua negara beberapa waktu lalu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3501 seconds (0.1#10.140)