AS Kecolongan, Hacker Rusia Bobol Komputer Gedung Putih

Rabu, 29 Oktober 2014 - 09:56 WIB
AS Kecolongan, Hacker Rusia Bobol Komputer Gedung Putih
AS Kecolongan, Hacker Rusia Bobol Komputer Gedung Putih
A A A
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) kecolongan setelah hacker yang diyakini bekerja untuk Rusia beraksi pada jaringan komputer Gedung Putih.

Kegiatan dunia maya yang mencurigakan itu akhirnya terdeteksi oleh pihak Gedung Putih.

Pejabat AS yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan, kegiatan yang semula tak terdeteksi itu dilakukan di jaringan komputer yang digunakan karyawan Kantor Eksekutif Presiden (EOP).


Washington Post, mengutip sumber pemerintah AS, mengatakan hacker itu diyakni bekerja untuk pemerintah Rusia. Hacker tersebut telah beraksi dalam beberapa pekan terakhir.

”Dalam kegiatan yang mengancam baru-baru ini, kami mengidentifikasi kegiatan mencurigakan pada jaringan EOP. Apa saja dari aktivitas itu, kita ambil tindakan sangat serius. Dalam hal ini, kami mengambil langkah cepat untuk mengevaluasi dan mengurangi aktivis (komputer),” kata pejabat di Gedung Putih itu, seperti dikutip Reuters, Rabu (29/10/2014).

Akibat penanganan masalah ini, beberapa layanan jaringan EOP akan dibatasi. Namun, kegiatan di EOP diklaim masih normal.

”Tindakan sedang berlangsung dan beberapa imbas dari tindakan kita ini, akan mengakibatkan pemadaman sementara dan hilangnya konektivitas untuk beberapa pengguna jaringan EOP,” imbuh pejabat itu.

Kendati demikian, Gedung Putih masih merahasiakan dampak dari ulah hacker yang diyakini bekerja untuk pemerintah Rusia tersebut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3798 seconds (0.1#10.140)