Palestina: Proyek 1.000 Rumah Israel akan Picu Guncangan

Selasa, 28 Oktober 2014 - 16:59 WIB
Palestina: Proyek 1.000 Rumah Israel akan Picu Guncangan
Palestina: Proyek 1.000 Rumah Israel akan Picu Guncangan
A A A
YERUSALEM - Para pejabat pemerintah Palestina mengatakan proyek 1.000 rumah baru bagi pemukim Yahudi Israel di Yerusalem Timur akan memicu guncangan besar.

Pemerintah Palestinan mengutuk keras kebijakan Israel yang menyetujui rencana pembangunan 1.000 rumah baru di wilayah Palestina yang diduduki Israel tersebut.

”Tindakan sepihak (Israel) tersebut akan menyebabkan guncangan,” kata Jibril Rajoub, pejabat Palestina yang merupakan anggota senior faksi Fatah.

”Jika dia (Israel) ingin terus mendorong kita semua ke dalam lingkaran setan dari pertumpahan darah, dia harus menarik kesimpulan yang tepat dari apa yang terjadi di Gaza,” lanjut Rajoub, seperti dilansir kantor berita Ma’an, semalam.

Negosiator Palestina, Saeb Erekat, menegaskan, kebijakan Israel itu menjadi bukti kejahatan baru negara Yahudi tersebut.”Bukti kejahatan dari hukum internasional,” katanya.

Menurutnya, masyarakat internasional harus mengambil tindakan untuk menyelamatkan solusi dua negara dari tindakan Israel yang ia sebut "ekspansionisme kolonial". Dewan Keamanan PBB, lanjut dia, harus menetapkan batas waktu untuk mengakhiri pendudukan Israel yang sudah berlangsung 47 tahun.

Erekat menganggap kebijakan pendudukan Israel sama halnya dengan penjajahan dan tindakan apartheid.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah Israel memberikan lampu hijau persetujuan untuk proyek pembangunan sekitar 1.000 rumah baru bagi pemukim Yahudi.

”Pemerintah telah memutuskan untuk memajukan perencanaan lebih dari 1.000 unit (rumah baru) di Yerusalem. Sekitar 400 unit di wilayah Har Homa dan sekitar 600 unit di Ramat Shlomo,” kata seorang pejabat kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4260 seconds (0.1#10.140)