Pernikahan Sesama Jenis Semakin Meluas di AS

Minggu, 26 Oktober 2014 - 14:41 WIB
Pernikahan Sesama Jenis Semakin Meluas di AS
Pernikahan Sesama Jenis Semakin Meluas di AS
A A A
WASHINGTON - Sebuah langkah besar diambil Mahkaman Agung Amerika Serikat (AS), yang memutuskan untuk membolehkan pernikahan sesama jenis di enam wilayah AS. Jumlah ini semakin menambah besar wilayah yang memperbolehkan pernikahan sesama jenis di AS.

Melansir Channel News Asia, Minggu (26/10/2014), enam wilayah tersebut adalah Alaska, Arizona, Idaho, North Carolina, Virginia Barat, dan Wyoming. Total setidaknya sudah 32 negara bagian AS yang memperbolehkan pernikahan sesama jenis.

Jaksa Agung Eric Holder menilai keputusan ini merupakan bukti bahwa kesetaraan hak untuk setiap manusia semakin dijunjung tinggi di AS. “Setiap orang yang menikahi pasangan sejenis akan memiliki hak hukum yang sama, layaknya pasangan heteroseksual,” ucap Holder.

"Dengan setiap negara bagian baru yang memperbolehkan pernikahan sesama jenis, dan mengakui pernikahan tersebut secara hukum, bangsa kita bergerak lebih dekat untuk mencapai kesetaraan penuh bagi semua orang Amerika," Holder menambahkan.

Walaupun masih dipenuhi pro dan kontra, langkah Mahkamah Agung AS untuk mengesahkan hukum tersebut nampaknya akan terus berlanjut. Bahkan, beberapa negara bagian lagi dikabarkan akan segera melakukan hal yang sama, yakni melegalkan pernikahan sesama jenis.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3671 seconds (0.1#10.140)