Tak Ada Konfirmasi Pesawat MH370 Ditemukan di Indonesia

Sabtu, 25 Oktober 2014 - 08:30 WIB
Tak Ada Konfirmasi Pesawat MH370 Ditemukan di Indonesia
Tak Ada Konfirmasi Pesawat MH370 Ditemukan di Indonesia
A A A
KUALA LUMPUR - Pemerintah Malaysia mengatakan tak ada konfirmasi soal dugaan puing-puing pesawat Malaysia Airlines MH370 ditemukan di Indonesia.

Demikian disampaikan Deputi Sekjen Departemen Perhubungan Malaysia, Mohamed Rashid Ruhaizah. ”Kami belum menerima informasi apapun dari sana (Indonesia), dan jika ada, pihak berwenang Indonesia akan menghubungi pihak berwenang Malaysia,” katanya kepada wartawan.

Keterangan itu disampaikan saat briefing dengan Kepala Badan Pusat Koordinasi Gabungan Australia (JACC) Judith Zielke dan juru bicara Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB), Peter Forley.

Ruhaizah, seperti dikutip kantor berita Bernama, mengatakan, jika puing-puing pesawat MH370 ditemukan, maka fotonya akan dibawa ke Australia dan dikirim ke Boeing untuk verifikasi.

Sebelumnya, ATSB menyampaikan, puing-puing pesawat MH370 kemungkinan sudah bergesar dari pantai Australia dan diduga menuju wilayah pantai Indonesia. Namun, ATSB, tidak menyebut pasti lokasi pantai Indonesia tersebut. (Baca: Australia Duga Puing Pesawat MH370 Ada di Indonesia)

Pesawat MH370 lenyap misterius pada 8 Maret 2014, saat terbang dari Kuala Lumpur ke Beijing. Sebanyak 227 penumpang dan 12 awak hilang bersama pesawat itu. Dari 227 penumpang, beberapa di antaranya merupakan warga Indonesia.

Sementara itu, kepala JACC yang baru kepada The Star, Sabtu (25/10/2014), tetap yakin pesawat MH370 hilang di Samudera Hindia selatan, meskipun analisis JACC selama ini diragukan.

”Mereka yang terlibat dalam (pencarian MH370) mengajukan dan menguji pandangan mereka terkait upaya kita untuk mencarinya,” ujar Zielke. Dia optmistis area pencarian pesawat MH370 selama ini sudah benar.

”Dengan menggunakan data terbaik yang kita miliki, saya percaya bahwa kami sedang mencari di area yang tepat. Tapi saya tidak bisa meremehkan ukuran area dan skala pencarian ini, yang belum pernah terjadi sebelumnya,” imbuh Zielke.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3476 seconds (0.1#10.140)