Kronologi Lengkap Penembakan di Gedung DPR Kanada

Kamis, 23 Oktober 2014 - 09:33 WIB
Kronologi Lengkap Penembakan di Gedung DPR Kanada
Kronologi Lengkap Penembakan di Gedung DPR Kanada
A A A
OTTAWA - Gedung DPR atau parlemen Kanada di Oattawa, ditembaki pria bersenjata, Rabu kemarin. Si penyerang yang ditembak mati, telebih dahulu membunuh tentara di Monumen Perang Nasional sebelum menembaki gedung DPR.

Seperti apa detik-detik serangan mematikan di gedung DPR Kanada itu? Berikut kronologi lengkap penembakan gedung DPR Kanada seperti dikutip National Post, Rabu (23/10/2014). (Baca: Pria Bersenjata Tembaki Gedung DPR Kanada usai Bunuh Tentara)

Pukul 09.52, terjadi penembakan di Monumen Perang Nasional Kanada. Saksi mata mengatakan, ada empat tembakan yang terdengar, di mana seorang tentara tewas.

Pukul 09.54, pria bersenjata berlari di gedung parlemen Kanada di Ottawa, dan mulai mengumbar tembakan.

Pukul 09.56, puluhan tembakan terdengar di gedung Parlemen. Wartawan di Kanada melaporkan, ada tubuh seseorang tergeletak di luar gedung perpustakaan di kompleks gedung parlemen.

Pukul 09.58, polisi Royal Kanada (CPR) mengevakuasi seorang tentara yang tewas di Monumen Perang Nasional.

Pukul 09.59, aparat keamanan mengkonfirmasi bahwa si penembak tentara masih beraksi di gedung DPR Kanada.

Pukul 10.00, satuan penembak jitu polisi Ottawa berdatangan di kompleks gedung DPR Kanada.

Pukul 10.04, saksi mata di Monumen Perang Nasional mengatakan, bahwa dia melihat penyerang gedung DPR membawa senapan besar.

Pukul 10.05, seorang perwira polisi di Monumen Perang Nasional menginstruksikan anggotanya bergerak, setelah memastikan si penyerang gedung DPR Kanada masih berkeliaran.

Pukul 10.07, wartawan di gedung DPR Kanada dievakuasi ke ke lobi DPR demi keselamayan mereka. Sedangkan anggota parlemen tetap berada di ruang kaukus.

Pukul 10.12, gedung DPR Kanada resmi ditutup.

Insiden itu mengagetkan publik Kanada, terlebih tembakan pria bersenjata itu tepat di dekat tempat Perdana Menteri Stephen Harper berpidato.
Pria bersenjata itu ditembak mati. Sedangkan Harper berhasil diselamatkan.

Laporan saksi mata menyebutkan, jeda waktu antara penembakan terhadap tentara dan penyerangan gedung DPR Kanada hanya berselang beberapa menit.

Polisi Kanada, seperti dikutip Reuters, Kamis (23/10/2014),mengatakan, pembunuh tentara dan penyerang gedung DPR adalah orang yang sama.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3669 seconds (0.1#10.140)