Dialog Demonstran dan Pemerintah Hong Kong Tanpa Hasil

Rabu, 22 Oktober 2014 - 12:41 WIB
Dialog Demonstran dan Pemerintah Hong Kong Tanpa Hasil
Dialog Demonstran dan Pemerintah Hong Kong Tanpa Hasil
A A A
HONG KONG - Pembicaraan antara perwakilan demonstran dan perwakilan pemerintah Hong Kong yang berlangsung semalam, belum membuahkan hasil. Pembicaraan tersebut awalnya diharapakan dapat menghentikan aksi demonstrasi yang sudah hampir satu bulan melanda wilayah semi-otonom China itu.

Melansir Al Jazeera, Rabu (22/10/2014), salah satu pemimpin demonstran, Alex Chow menyatakan, pemerintah Hong Kong tetap bergeming dengan keputusan mereka untuk tidak akan mengadakan pemilihan umum langsung di Hong Kong, yang menjadi tuntutan utama demonstran.

“Mereka (pemerintah) telah mengebiri demokrasi di Hong Kong,” ucap Chow dalam pidatonya di hadapan para demonstran. Chow mengaku kecewa dengan dengan hasil pembicaraan, yang menurutnya tidak menghasilkan banyak hal.

Sementara itu, pemerintah Hong Kong menyampaian alasan mengapa mereka belum bisa mewujudkan tuntutan demonstran. Pemerintah Berkelit bahwa mini konstitusi yang dimiliki Hong Kong saat ini belum bisa mengakomodir pemilihan langsung, seperti yang diminta demonstran.

Pemimpin Hong Kong, Leung Chun-ying sedari awal menyatakan pemilihan langsung yang bebas di Hong Kong, mungkin hanyalah sebuah keniscayaan. Dirinya tetap bersiteguh, pemilihan pemimpin di Hong Kong masih harus diwakili oleh sebuah komite, yang mewakili suara masyarakat Hong Kong.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4833 seconds (0.1#10.140)