Perwakilan Demonstran dan Pemerintah Hong Kong Kembali Bertemu

Selasa, 21 Oktober 2014 - 19:10 WIB
Perwakilan Demonstran dan Pemerintah Hong Kong Kembali Bertemu
Perwakilan Demonstran dan Pemerintah Hong Kong Kembali Bertemu
A A A
HONG KONG - Pemerintah Hong Kong dikabarkan akan kembali melakukan pertemuan dengan perwakilan demonstran guna mengakhiri aksi demo yang sudah berjalan selama kurang lebih satu pekan terakhir.
Melansir Channel News Asia, Selasa (21/10/2014), pertemuan ini terjadi hanya beberapa saat setelah pemimpin Hong Kong, Leung Chun-ying menyatakan pemilihan langsung yang bebas di Hong Kong mungkin hanyalah sebuah keniscayaan.

Wakil pemerintah dalam pertemuan ini, Carrie Lam berharap perbicangan dengan perwakilan demonstran akan bisa menenangkan suasana. “Saya harap pertemuan dengan perwakilan demonstran ini dapat menenangkan suasana yang sedang dilanda ketegangan dalam beberapa pekan terkhir,” ucap Lam.

Namun, berbeda dengan Chun-ying, Lam menyetujui proses demokrasi aktif di Hong Kong, yang ditandai dengan pemilihan umum yang bebas. Dirinya beragumen, setiap warga Hong Kong memiliki hak untuk menentukan langsung pemimpin mereka sendiri.

"Ketika 5 juta pemilih yang berhak secara langsung memilih kepala eksekutif melalui satu orang-satu suara, tidak peduli cara Anda melihatnya, itu jauh lebih demokratis daripada memiliki pemimpin yang dipilih oleh 1.200 komite yang kuat," papar Lam.

Aksi demonstrasi di Hong Kong, yang menuntut adanya demokrasi terbuka di wilayah tersebut, sempat membuat Hong Kong, yang merupakan salah satu tujuan wisata di Asia, lumpuh selama beberapa waktu. Pertemuan antara perwakilan demonstran dan perwakilan pemerintah sendiri masih berlangsung hingga saat ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3669 seconds (0.1#10.140)