China Kecam Strategi Keamanan Biden, Sebut Bangkitkan Mentalitas Perang Dingin

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 21:46 WIB
loading...
China Kecam Strategi Keamanan Biden, Sebut Bangkitkan Mentalitas Perang Dingin
China kecam strategi keamanan Presiden AS Joe Biden, menyebutnya membangkitkan mentalitas Perang Dingin. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
BEIJING - Kementerian Luar Negeri China mengecam strategi keamanan nasional baru Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang menggambarkanBeijing mencoba untuk membentuk kembali tatanan internasional. Biden pun menekankan AS akan mencoba untuk bersaing dengan pengaruh Beijing.

"Kami menentang mentalitas Perang Dingin yang ketinggalan zaman dan pola pikir zero-sum," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning pada konferensi pers.

“Kami tidak melihat manfaat dalam retorika atau tindakan apa pun yang memainkan konflik geografis atau persaingan kekuatan besar, karena mereka bertentangan dengan tren zaman dan aspirasi masyarakat internasional,” lanjutnya.

“Mereka tidak akan disambut dan tidak akan berhasil,” tegasnya seperti dilansir dari The Hill, Jumat (14/10/2022).

Ketika ditanya tentang karakterisasi strategi keamanan nasional baru China sebagai tantangan paling konsekuensial terhadap tatanan global setelah invasi Rusia, Mao mengecam sikap pemerintah Biden yang semakin agresif.



“China dan AS masing-masing adalah negara berkembang terbesar dan negara maju terbesar dengan tanggung jawab menjaga perdamaian dan stabilitas dunia serta mempromosikan kemakmuran dan pembangunan ekonomi,” ujar Mao.

“China dan AS berdiri untuk mendapatkan keuntungan dari kerja sama dan kalah dari konfrontasi. AS perlu mengikuti prinsip saling menghormati, hidup berdampingan secara damai, dan kerja sama yang saling menguntungkan,” imbuhnya.

Persamaan Mao tentang strategi keamanan nasional dengan Perang Dingin bertentangan dengan pemerintahan Biden, yang telah menyatakan kesediaan untuk bekerja sama dengan saingan mana pun yang bersedia “bekerja secara konstruktif.”

“Strategi ini juga memperjelas bahwa kita menghindari melihat dunia hanya melalui prisma persaingan strategis,” penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan kepada wartawan saat meninjau strategi tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)