Boko Haram Sepakat Lepaskan Ratusan Siswi Nigeria

Sabtu, 18 Oktober 2014 - 12:49 WIB
Boko Haram Sepakat Lepaskan Ratusan Siswi Nigeria
Boko Haram Sepakat Lepaskan Ratusan Siswi Nigeria
A A A
ABUJA - Militan Boko Haram dan pemerintah Nigeria dikabarkan sudah menemui kata sepakat untuk melakukan gencatan senjata, serta pelepasan ratusan siswi yang diculik kelompok tersebut pada April lalu di kota Chibok.

Pembantu presiden Nigeria, Hassan Tukur menyatakan, pada prinsipnya Boko Haram telah bersedia membebaskan lebih dari 200 sisiwi yang diculik. Namun, seperti dilansir VOA, Sabtu (18/10/2014), pembicaraan untuk membahas rincian pelepasan masih berlanjut.

“Boko Haram telah meyakinkan pemerintah bahwa gadis-gadis itu saat ini berada dalam kondisi baik,” ucap Tukur. Pernyataan Tukur diamini oleh pihak Boko Haram.

Sekertaris Jenderal Boko Haram, Danladi Ahmadu menyatakan para siswi tersebut akan dilepaskan awal pekan depan, dan menegaskan kondisi siswi-siswi tersebut sangat baik.

Dirinya juga mengaku optimis proses perdamaian yang saat ini sedang berjalan dengan Boko Haram akan berhasil. Walaupun, bila melihat dari upaya-upaya sebelumnya, kedua belah pihak belum pernah menemukan kata sepakat.

“Negosiasi di masa lalu dengan Boko Haram belum menghasilkan hasil yang positif, tapi saya optimis bahwa dalam negoisasi kali ini kita akan dapat mencapai beberapa keberhasilan,” ucapnya. “Boko Haram telah menyatakan gencatan senjata, dan kami meresponnya,” tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3490 seconds (0.1#10.140)