Larangan Terbang Bukan Solusi Atasi Penyebaran Ebola

Jum'at, 17 Oktober 2014 - 14:16 WIB
Larangan Terbang Bukan Solusi Atasi Penyebaran Ebola
Larangan Terbang Bukan Solusi Atasi Penyebaran Ebola
A A A
WASHINGTON - Ide mengenai larangan terbang dari beberapa negara di Afrika yang menjadi pusat penyebaran Ebola ke Amerika Serikat (AS), dinilai bisa menjadi sebuah hal yang kontra produktif.

Melansir Channel News Asia, Jumat (17/10/2014), Presiden AS, Barack Obama memang menyatakan tidak keberatan dengan adanya ide tersebut. Namun, menurutnya hal itu bukanlah sebuah solusi untuk mencoba menekan penyebaran virus Ebola.

"Saya tidak keberatan mengenai ide untuk menerapkan larangan perjalanan, jika itu adalah hal yang akan menjaga warga AS tetap aman," ucap Obama. “Namun, hal itu akan memicu warga negara dari Liberia, Sierra Leone dan Guinea untuk mencari jalan lain untuk bisa masuk ke negara kita,” tambahnya.

Dalam padanganya, dengan menggunakan jalur tidak resmi, maka peredaran warga dari ketiga negara tersebut akan sulit untuk terdeteksi. Bahkan, bisa membuat penyebaran itu menjadi semakin sulit untuk dideteksi.

“Pada akhirnya kita mungkin hanya akan mendapat sedikit informasi mengenai orang yang sudah terinfeksi virus ini,” lanjut Obama. AS sendiri saat ini tengah menggodok upaya untuk bisa menekan penyebaran virus paling mematikan di dunia saat ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4845 seconds (0.1#10.140)