Lebih dari 100 Pendaki Himalaya Hilang, Puluhan Tewas

Jum'at, 17 Oktober 2014 - 00:20 WIB
Lebih dari 100 Pendaki Himalaya Hilang, Puluhan Tewas
Lebih dari 100 Pendaki Himalaya Hilang, Puluhan Tewas
A A A
KATHMANDU - Lebih dari 100 orang pendaki Gunung Himalaya hilang setelah terjadi longsor salju. Puluhan orang ditemukan dalam kondisi tewas.

Pejabat Nepal menyatakan, sekitar 24 mayat telah ditemukan di wilayah Annapurna. Sedangkan lima pendaki yang semula berada di base camp tak jauh dari puncak Himalaya belum ditemukan dan diperkirakan tewas.

Tiga penggembala di Nepal juga tewas, akibat bencana yang dipicu Topan Hudhud itu. Ganesh Rai, pejabat polisi yang bertanggung jawab atas upaya pencarian dan penyelamatan para korban, mengatakan, para pekerja darurat telah menyelamatkan 43 pendaki yang terdampar. Tapi, kata dia, ada ratusan orang yang hilang kontak.

Tim penyelamat sedang mencari dua pendaki asal Slovakia dan tiga pemandu asal Nepal ikut hilang setelah longsor salju melanda base camp di sekitar puncak gunung pada Selasa malam lalu.

”Kami mengerahkan helikopter untuk mencoba dan menemukan mereka, tetapi kita tidak dapat menemukan jejak-jejak mereka, kami menganggap mereka meninggal,” kata Rai, Kamis (16/10/2014).

Rai kepada AFP, merinci sejumlah korban yang sudah diidentifikasi. Di antaranya, empat warga Kanada, dua warga Israel, satu warga Vietnam, satu warga India, satu warga Jerman dan 11 warga Nepal. Ada beberapa korban tewas lainnya yang belum diketahui asalnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5354 seconds (0.1#10.140)