Pasukan Irak Mundur, Anbar Hampir Jatuh ke Tangan ISIS

Selasa, 14 Oktober 2014 - 10:39 WIB
Pasukan Irak Mundur, Anbar Hampir Jatuh ke Tangan ISIS
Pasukan Irak Mundur, Anbar Hampir Jatuh ke Tangan ISIS
A A A
ANBAR - Ketakutan akan jatuhnya Anbar, provinsi yang paling dekat dengan Baghdad ke tangan ISIS hampir menjadi kenyataan. Wilayah tersebut dikabarkan hampir jatuh ke tangan ISIS setelah pasukan Irak menarik diri dari Anbar.

Melansir Al Jazeera, semalam penarikan mundur ini dikarenakan pemerintah Irak memindahkan semua pasukannya ke pangkalan udara Asad. Pangkalan udara tersebut merupakan satu-satunya pangkalan udara terbesar di Irak barat yang masih dalam penguasaan pemerintah.

"Pemimpin militer kami berpendapat, meninggalkan kekuatan yang saat ini terus mendapat serangan dari ISIL, mereka akan lebih baik digunakan untuk menopang pertahanan di Pangkalan Udara Asad," ungkap seorang pejabat keamanan setempat.

“Saat ini wilayah tersebut sudah benar-benar dikuasai oleh kelompok tersebut (ISIS),” tambahnya. Menurut seorang pejabat militer lainnya, pasukan ISIS telah berhasil merebut beberapa kendaraan militer sebelum pasukan meninggalkan wilayah tersebut.

‪Pasukan pemerintah Irak telah kehilangan akal untuk mempertahankan Anbar, setelah terus menerus mendapat serangan dari ISIS. Dengan jatuhnya kota-kota penting di Anbar semakin membuat Baghdad dalam kondisi terancam.

‪Seperti diberitakan sebelumnya, 10 ribu pasukan ISIS telah bersiap di sekitar perbatasan Anbar, dan tengah bersiap untuk merangsek lebih jauh ke wilayah Baghdad.‬
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4878 seconds (0.1#10.140)