Aquino Puji Indonesia, Sebut Sebagai Mitra Terbaik

Jum'at, 10 Oktober 2014 - 23:33 WIB
Aquino Puji Indonesia, Sebut Sebagai Mitra Terbaik
Aquino Puji Indonesia, Sebut Sebagai Mitra Terbaik
A A A
NUSA DUA - Dalam sambutannya di ajang Bali Democracy Forum (BDF) yang ketujuh, Presiden Filipina Benigno Aquino III menyampaikan pujian terhadap pemerintah Indonesia. Pujian tersebut didasari atas hubungan antara Indonesia dan Filipina yang dinilainnya sangat baik.

Tidak segan-segan, Aquino bahkan menyebut Indonesia sebagai salah satu mitra terbaik mereka. "Indonesia sudah menjadi teman yang sangat baik bagi warga kami," tutur Aquino dalam sambutannya, pada Jumat (10/10/2014).

Indonesia, menurut Aquino memiliki beberapa pandangan yang sama mengenai beberapa hal dengan Filipina. Dan, kedua negara, tambahnya saling mendukung dalam menyelesaikan tantangan yang ada, baik di dalam negeri ataupun di kawasan Asia Tenggara.

Salah satu tantangan terbesar yang disoroti oleh Aquino adalah mengenai masalah perbatasan maritim, yang memang kerap menjadi biang keladi permusuhan beberapa negara. “Masalah terorisme, dan kesadaran atas perubahan iklim turut menjadi tantangan yang kita selesaikan bersama,” ungkapnya.

Aquino sendiri turut mendapatkan penghargaan Adipurna dari pemerintah Indonesia bersama dengan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao. Adipurna merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Indonesia kepada Warga Negara Asing.

Penghargaan itu biasanya diberikan kepada pihak-pihak yang dinilai memiliki jasa dalam mempertahankan dan memperkokoh hubungan bilateral Indonesia dengan negara bersangkutan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5445 seconds (0.1#10.140)