Bahas Suriah dan Ukraina, Kerry Akan Temui Lavrov

Kamis, 09 Oktober 2014 - 16:31 WIB
Bahas Suriah dan Ukraina, Kerry Akan Temui Lavrov
Bahas Suriah dan Ukraina, Kerry Akan Temui Lavrov
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry, dikabarkan akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov pekan depan di Paris, Prancis. Keduanya dijadwalkan akan membahas perkembangan terbaru di Suriah dan Ukraina.

Melansir Channel News Asia, Kamis (9/10/2014), hal tersebut dikonfirmasi oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Jen Psaki, yang mengatakan keduanya akan bertemu pada akhir pekan nanti di sela-sela pembahasan pertemuan untuk rekonstruksi Palestina di Paris.

Pertemuan tersebut datang di tengah upaya negara-negara Barat untuk bisa mempertahankan gencatan senjata di Ukraina yang disepakati di Minsk, bulan lalu. Diduga, telah banyak pelanggaran secara sistematis terhadap gencatan senjata tersebut.

Sebelum pertemuan tersebut diumumkan, Kerry sempat memberi ultimatum kepada pemerintah Rusia untuk segera menarik mundur pasukan mereka dari wilayah perbatasan Ukraina. Kerry menyatakan, jika Rusia tidak segera menarik mundur pasukan mereka, maka sanksi yang lebih berat akan dijatuhkan kepada Negeri Beruang Merah tersebut.

"Kami sepakat tentang perlunya bagi Rusia untuk menarik pasukannya dari Ukraina secepat mungkin. Hal ini ditujukan untuk mengakhiri dukungan material kepada separatis dan untuk memenuhi komitmennya berdasarkan gencatan senjata di Minsk," ucap Kerry.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4445 seconds (0.1#10.140)