Pembicaraan Nuklir Iran Digelar Pekan Depan di Wina

Rabu, 08 Oktober 2014 - 20:45 WIB
Pembicaraan Nuklir Iran Digelar Pekan Depan di Wina
Pembicaraan Nuklir Iran Digelar Pekan Depan di Wina
A A A
DUBAI - Iran beserta lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB, plus Jerman setuju untuk mengadakan pembicaraan nuklir multilateral dan bilateral dalam beberapa hari mendatang di Wina, Austria. Demikian disampaikan Kementerian Luar Negeri Iran, Rabu (8/10/2014).

Seperti dilaporkan Reuters, pembicaraan antara Iran dengan kelompok negara yang dikenal dengan P5+1 ini bertujuan untuk menyelesaikan sengketa soal program nuklir Iran yang telah berlangsung lebih dari satu dekade.

"Saya berpikir bahwa kita akan mengadakan pembicaraan bilateral dan multilateral sebelum akhir pekan depan di Wina," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Marzieh Afkham. Pernyataan ini disampaikan Afkham dalam sebuah konferensi pers yang disiarkan langsung oleh stasiun televisi nasional Iran.

Ia tidak menjelaskan berapa lama pembicaraan ini akan berlangsung. Namun, Afkham menyebut, saat ini sudah ada kemajuan yang dicapai dalam perundingan nuklir sebelumnya, meski kemajuan itu sangat sedikit.

Selama ini, Iran menolak tuduhan dunia Barat, bahwa program nuklir Iran bertujuan untuk membangun senjata nuklir. Iran mengaku, program nuklir mereka hanya untuk tujuan damai.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5612 seconds (0.1#10.140)