9 Orang Tewas Saat Bentrok di Kota Suriah Kobane

Rabu, 08 Oktober 2014 - 11:58 WIB
9 Orang Tewas Saat Bentrok di Kota Suriah Kobane
9 Orang Tewas Saat Bentrok di Kota Suriah Kobane
A A A
ISTANBUL - Sebanyak sembilan orang warga Turki tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam demonstrasi yang terjadi di Turki pada Selasa (7/10/2014) kemarin, pasukan Kurdi menuntut pemerintah berbuat lebih banyak untuk melindungi kota Kurdi Suriah Kobane dari militan Negara Islam.

Polisi menembakkan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan demonstran yang membakar mobil dan ban ketika mereka turun ke jalan di sebagian besar provinsi Kurdi timur dan tenggara Turki . Bentrokan juga terjadi di kota terbesar Istanbul dan di ibukota Ankara .

Lima orang tewas di Diyarbakir , kota terbesar Kurdi di tenggara, akibat bentrokan antara demonstran dan polisi .Seorang pria berusia 25 tahun meninggal di Varto, sebuah kota di provinsi timur Mus, dan setidaknya 12 orang terluka di sana dalam bentrokan antara polisi dan demonstran. Dua orang tewas di provinsi Siirt tenggara. Akibat bentrok tersebut, pertokoan dan bank-bank mengalami kerusakan, pemerintah setempat pun memberlakukan jam malam di lima provinsi tenggara.

Menteri Dalam Negeri Efkan Ala menyampaikan orasi-orasinya sebagai bentuk aksi protes . " Kekerasan bukanlah solusi. Kekerasan memicu pembalasan . Sikap irasional ini harus berakhir dengan segera, " katanya kepada wartawan sebagaimana dikutip Reuters (8/10/2014).

Pejuang Negara Islam telah maju ke barat daya dari Kobane, meningkatkan tekanan pada Turki untuk campur tangan dalam konflik. Akibat serangan selama tiga minggu berturut-turut di kota Suriah Kobane, kelompok pemantau HAM mencatat ada sebanyak 400 orang tewas.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3928 seconds (0.1#10.140)