Taliban Gabung, ISIS Semakin Besar dan Berbahaya

Minggu, 05 Oktober 2014 - 15:10 WIB
Taliban Gabung, ISIS Semakin Besar dan Berbahaya
Taliban Gabung, ISIS Semakin Besar dan Berbahaya
A A A
KARACHI - Serangan yang datang bertubi-tubi terhadap ISIS ternyata membawa keberuntungan kepada kelompok radikal tersebut. Beberapa kelompok militan mulai menyatakan diri akan bergabung dengan ISIS dan melawan koalisi internasional bentukan Amerika Serikat (AS).

Melansir VOA. Minggu (5/10/2014), salah satu kelompok terbesar dan paling berbaya di Pakistan yakni Taliban mendeklarasikan diri mendukung penuh aksi ISIS. Hal ini membuat ISIS semakin besar, kuat dan berbahaya.

Deklarasi tersebut disampiakan langsung oleh juru bicara Taliban Shahidullah Shahid melalui sebuah pernyataan. “Oh Saudaraku, kami bangga dengan kemenangan kalian dan kami akan turut sedih jika kalian juga merasa sedih,” ucap Shahid mengacu pada ISIS.

“Dalam beberapa hari yang penuh dengan masalah ini, kami menganggumi kesabaran dan stabilitas kalianm terlebih saat ini musuh-musuh telah bersatu untuk melawan kalian. Kami harap kita bisa meninggalan sebuah permusahan kita dimasa lalu dan mulai bekerjasama,” tambahnya.

“Kami akan mendukung kalian, dan para pasukan kami akan siap untuk bertempur bersama kalian,” lanjutnya. Bendera-bendera ISIS pun dikabarkan sudah mulai berkibar di beberapa wilayah yang menjadi basis Taliban di Pakistan.

Belum ada keterangan lebih lanjut apa motivasi utama sebenarnya mengapa Taliban mau bergabung dengan ISIS. Diawal-awal kemunculan ISIS, Taliban adalah salah satu kelompok yang menolak keberadaan dan kekhalifahan yang diumumkan oleh ISIS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4981 seconds (0.1#10.140)