Militer Irak Bentrok dengan ISIS, 81 Tewas

Kamis, 02 Oktober 2014 - 17:09 WIB
Militer Irak Bentrok dengan ISIS, 81 Tewas
Militer Irak Bentrok dengan ISIS, 81 Tewas
A A A
BAGHDAD - Militer Irak kembali melancarkan serangan besar-besaran terhadap basis ISIS. Setidaknya 81 orang dilaporkan tewas dalam pertempuran terbaru yang terjadi antara ISIS dan militer Irak.

Melansir Xinhua, Kamis (2/10/2014), Irak yang melakukan serangan melaui udara dan darat terus menggempur basis ISIS di wilayah provinsi Salahudin. Serangan ini bertujuan untuk kembali mengambil alih beberapa desa yang diduduki oleh ISIS di wilayah tersebut.

“Pasukan Irak yang dibantu oleh pasukan sekutu melancarkan serangan di wilayah Tuz-Khurmato yang bejarak 90 Km dari ibu kota provinsi Salahudin, Tikrit. Pada awalnya ISIS melakukan perlawanan dengan hebat, namun karena digempur dari berbagai sisi, kelompok itu pun akhirnya goyah,” ungkap seorang sumber keaman dalam kondisi anonim.

“Kelompok radikal tersebut menggunakan bom yang ditanama di sepanjang jalan dan bangunan untuk menghambat pergerakan pasukan pemerintah Irak,” tambahnya. Menurut sumber tersebut, dalam serangan kali ini target utamanya adalah membebaskan jalan utama yang mgehubungkan Tuz-Khurmato dengan Tirkit.

"Target utama bagi pasukan keamanan adalah untuk membebaskan jalanan dan jembatan yang mengarah ke Tikrit. Nantinya pasukan akan memiliki akses untuk menekan ISIS dan kemudian membebaskan Tikrit," kata sumber itu.

Provinsi Salahudin adalah provinsi dengan mayoritas penduduk penganut Sunni. Ibukota provinsi tersebut adalah Titkit, yang merupakan kota kelahiran mantan presiden Irak, Saddam Hussein. Kota ini berada di bawah kendali ISIS sejak 11 Juni lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4139 seconds (0.1#10.140)