Al-Qaeda Membom RS di Yaman, 15 Orang Tewas

Senin, 29 September 2014 - 10:21 WIB
Al-Qaeda Membom RS di Yaman, 15 Orang Tewas
Al-Qaeda Membom RS di Yaman, 15 Orang Tewas
A A A
SANAA - Kelompok al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) membom rumah sakit (RS) di Yaman. Sekitar 15 orang tewas oleh ledakan bom mobil yang merupakan aksi bom bunuh diri itu.

RS itu jadi target, karena diyakini telah digunakan kelompok Syiah Houthi untuk beroperasi. Serangan itu terjadi Minggu kemarin.

”Puluhan tewas dan lainnya terluka dari kelompok Syiah Houthi dalam operasi martir oleh Ansar al-Syariah menggunakan mobil jebakan di Maarib,” bunyi pernyataan kelompok militan Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) melalui akun Twitter-nya, seperti dikutip Reuters, Senin (29/9/2014).

Kelompok itu mengatakan target mereka adalah RS al-Jafra, yang telah berubah menjadi basis Syiah Houthi. Pemimpin suku setempat, mengatakan sedikitnya 15 orang tewas dalam serangan itu dan lebih dari 50 orang lainnya terluka.

Pemboman terjadi setelah ratusan warga Yaman berdemonstrasi di Sanaa menuntut pemberontak Houthi yang menguasai ibukota pergi dari negara itu.

Saat demo, para aktivis meneriakkan slogan-slogan yang menentang Presiden Abed Rabbou Mansour Hadi, karena dianggap lemah terhadap para pemberontak Houthi.”Anda, Hadi, mencari solusi, atau berbalik badan dan pergi," teriak para demonstran.

Para saksi mata mengatakan kelompok bersenjata Houthi sebenarnya juga berpatroli di jalan-jalan dan di pos pemeriksaan di Sanaa. Namun mereka tidak mencoba untuk menghentikan demonstrasi yang sedang terjadi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7523 seconds (0.1#10.140)