Iran Curiga Motif Amerika Membombardir Suriah

Kamis, 25 September 2014 - 09:56 WIB
Iran Curiga Motif Amerika Membombardir Suriah
Iran Curiga Motif Amerika Membombardir Suriah
A A A
NEW YORK - Presiden Iran, Hassan Rouhani, mencurigai motif Amerika Serikat (AS) membombardir wilayah Suriah dengan dalih menumpas militan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Alasannya, dia tidak mengetahui apa sebenarnya yang dicari AS dalam membombadir wilayah Suriah itu. Namun, Rouhani tetap membenci kelompok ISIS yang berbuat aksi bengis di Suriah dan Irak.

Komentar Rouhani itu muncul dalam wawancaranya dengan penyiar kawakan AS dari jaringan televisiPBS, Charlie Rose. ”Kelompok ISIS sangat biadab dan barbar,” ucap Rouhani.

“(Tapi) tidak jelas bagi kita apa yang mereka (AS dan koalisi) cari,” lanjut Presiden Iran itu mengacu pada aksi AS dan koalisi yang membombardir kilang minyak di Suriah. (Baca: Jet Tempur AS dan Koalisi Bombardir Kilang Minyak Suriah)

”Apakah mereka berada di bawah tekanan publik dalam negeri mereka sendiri dan mereka ingin menempatkan (serangan itu) pada pertunjukan, teater untuk konsumsi publik, atau mereka benar-benar menjalankan misi yang sebenarnya di wilayah tersebut. Itu tidak jelas bagi kami,” lanjut Rouhani, yang disiarkan semalam.

”Tapi apa yang bisa saya mengatakannya tanpa ada keraguan, bahwa tidak ada kelompok teroris yang bisa dibasmi dan dihancurkan melalui pemboman udara saja,” imbuh Rouhani sebelum menghadiri sidang Majelis Umum PBB di New York.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5143 seconds (0.1#10.140)