Irak: Penumpasan ISIS di Suriah Butuh Waktu Lebih Lama

Selasa, 23 September 2014 - 17:50 WIB
Irak: Penumpasan ISIS di Suriah Butuh Waktu Lebih Lama
Irak: Penumpasan ISIS di Suriah Butuh Waktu Lebih Lama
A A A
NEW YORK - Serangan terhadap basis ISIS di Suriah akhirnya mulai dilancarkan oleh koalisi internasional yang dipimpin oleh Amerika Serikat. (AS). Namun, berbeda dengan di Irak, pertempuran melawan ISIS di Suriah diprediksi akan membutuhkan waktu lebih lama.

Melansir Al Arabiya, Selasa (23/9/2014), Menteri Luar Negeri Irak Ibrahim al-Jaafari menyatakan, teradapat beberapa hal mendasar yang membuat perang melawan ISIS di Suriah akan berlangsung lebih lama. Salah satu contohnya adalah koordinasi militer.

“Terdapat 41 negara berdiri di samping Irak untuk membantu kami dalam melawan ISIS. Dan, koordinasi antara kami dan militer asing yang tergabung dalam koalisi internasional sangatlah baik,” ucap al-Jaafari di sela-sela pertemuan Majelis Umum PBB di New York.

Kondisi di Suriah sangat berbeda jauh dengan yang terjadi di Irak. Para negara anggota koalisi internasional seperti enggan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Suriah, yang notabene adalah rival AS dan Barat. Hal inilah yang diprediksi membuat operasi di Suriah akan berlangsung lebih lama dan berat.

Di kesempatan yang sama, al-Jaafari juga menegsakan, pihaknya selalu membuka pintu kepada setiap negara yang akan membantu mereka, termasuk Iran.

“Baghdad akan senang hati menerima bantuan dari Iran, selama tidak dimaksudkan untuk menyerahkan kedaulatan Irak pada Teheran,” ucapnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3300 seconds (0.1#10.140)