Demi Gencatan Senjata, Rusia Harus Tarik Pasukan dari Ukraina

Selasa, 23 September 2014 - 16:34 WIB
Demi Gencatan Senjata, Rusia Harus Tarik Pasukan dari Ukraina
Demi Gencatan Senjata, Rusia Harus Tarik Pasukan dari Ukraina
A A A
KIEV - Ukraina terus menggenjot upaya untuk memperkuat gencatan senjata di wilayah Ukraina. Namun, Ukraina menyebut upaya yang mereka lakukan tidak akan berdampak, bila masih terdapat kehadiran pasukan Rusia di wilayahnya.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Pavlo Klimkin menyatakan, Rusia perlu memastikan seluruh pasukannya sudah ditarik mundur dari Ukraina. Bukan hanya pada Rusia, Klimkim juga meminta kepada Barat untuk menarik semua persenjataan mereka dari Ukraina timur.

“Rusia harus menunjukan kemauan politik yang kuat, bahwa mereka benar-benar ingin membantu menyelesaikan konflik di Ukraina timur, dengan memperkokoh gencatan senjata,” ucap Klimkin. Seperti dilansir VOA, Selasa (23/9/2014).

Namun, seperti biasanya Rusia secara konsisten terus membantah jika mereka telah mengerahkan pasukan ke wilayah Ukraina timur. Negeri Beruang Merah itu juga membantah telah memberikan dukungan, baik senjata atau finansial kepada separatis di Ukraina timur.

Gencatan senjata di Ukraina timur dikhwatirkan retak setelah munculnya kabar yang menyebut pertempuran masih terjadi di wilayah tersebut. Ukraina tidak membantah adanya serangan di Ukraina timur. Menurut mereka, serangan itu hanya dilakukan untuk mentralisir beberapa wilayah dari pengaruh separatis.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4428 seconds (0.1#10.140)