Ebola Bisa Serang 0,5 Juta Orang, Skenario Teburuk Disiapkan

Sabtu, 20 September 2014 - 16:12 WIB
Ebola Bisa Serang 0,5 Juta Orang, Skenario Teburuk Disiapkan
Ebola Bisa Serang 0,5 Juta Orang, Skenario Teburuk Disiapkan
A A A
MONROVIA - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) khawatir virus Ebola bisa menyerang lebih dari 0,5 juta orang jika wabah itu gagal ditangani. CDC pun sedang mempersiapkan skenario terburuk.

Data WHO menyebut, ada 5.335 orang yang diduga terinfeksi virus Ebola di Guinea, Liberia, Sierra Leone, Nigeria dan Senegal. Dari jumlah itu, sebanyak 2.622 orang tewas. (Baca: Para Ilmuwan Khawatir Ebola Bisa Menyebar Via Udara)

Laporan terbaru CDC yang berbasis di Amerika Serikat itu akan dirilis pekan depan, dengan perkiraan jumlah korban yang terinfeksi virus mematikan itu bertambah. Prediksi itu menyusul tidak adanya bantuan tambahan atau intervensi dari pemerintah dan badan-badan bantuan terkait.

“CDC bekerja pada sebuah alat pemodelan dinamis yang memungkinkan untuk menghitung ulah kasus Ebola yang diproyeksikan dari waktu ke waktu,” kata Barbara Reynolds, juru bicara CDC kepada Bloomberg, Sabtu (20/9/2014).

Proyeksi saat ini, sebanyak 550.000 kasus sedang dikaji oleh para peneliti, karena diduga terkait wabah Ebola. Angka itu dapat berubah. Namun, para peneliti menolak mempublikasikan data itu.

CDC mengakui perkiraan angka lebih dari 0,5 juta orang yang bisa terinfeksi Ebola itu karena mereka terlalu pesimis. Sebab, penanganan virus itu belum maksimal.

Direktur Jenderal WHO, Margaret Chan, mengatakan dia akan terus mendorong pemerintah terkait untuk memberikan kontribusi terhadap usaha pencegahan penyebaran virus Ebola. Chan sendiri sedang dikritik keras atas keputusannya untuk menunda mengumumkan wabah Ebola sebagai krisis global.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5090 seconds (0.1#10.140)