Hari Ini, Skotlandia Merdeka atau Gabung Inggris

Kamis, 18 September 2014 - 08:21 WIB
Hari Ini, Skotlandia Merdeka atau Gabung Inggris
Hari Ini, Skotlandia Merdeka atau Gabung Inggris
A A A
GLASGOW - Hari ini (18/9/2014), rakyat Skotlandia menentukan nasib untuk memilih merdeka atau tetap bergabung dengan Inggris. Sekitar 5,3 juta akan memberikan suara mereka pada referendum kemerdekaan Skotlandia.

Pilihan mereka hanya dua, suara “Ya” untuk merdeka atau pisah dengan Inggris dan suara “Tidak” untuk tetap bergabung dengan Inggris. (Baca: Cegah Merdeka, Inggris Imingi Kekuasaan Lebih ke Skotlandia)

Lima hasil survei-- dari lembaga survei YouGov, Panelbase, Survation, Opinium dan ICM--menunjukkan dukungan untuk kemerdekaan Skotlandia sebanyak 48%. Sedangkan suara untuk tetap bergabung dengan Inggris sebanyak 52 persen.

Survei juga menunjukkan bahwa sebanyak 600 ribu pemilih masih ragu-ragu untuk menentukan nasib Skotlandia. Pemungutan suara akan dibuka mulai pukul 06.00 waktu setempat hari ini. (Baca: Tuntutan Skotlandia Merdeka Menguat, Inggris Panik)

”Ini adalah kesempatan kita seumur hidup dan kita harus meraihnya dengan kedua tangan,” kataAlex Salmond, 59 tahun pemimpin nasionalis Skotlandia. Menurutnya, ratusan pendukung telah melambaikan bendera biru khas Skotlandia dan meneriakkan "Ya kita bisa."

”Masa depan Skotlandia harus berada di tangan Skotlandia," kata Salmond di Perth, sebuah kota di Skotlandia timur, yang jaraknya skeitar 740 km dari sebelah utara London, seperti dikutip Reuters. (Baca juga: Teka-teki Bendera Inggris jika Skotlandia Pisah)

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris, David Cameron,47, mengakui jika Skotlandia memilih lepas dari Inggris, maka dia bukan orang terbaik untuk memimpin Inggris. Namun, dia memohon agar rakyat Skotlandia tidak meninggalkan Inggris.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5353 seconds (0.1#10.140)