ISIS Tembak Jatuh Jet Tempur Suriah

Rabu, 17 September 2014 - 08:51 WIB
ISIS Tembak Jatuh Jet Tempur Suriah
ISIS Tembak Jatuh Jet Tempur Suriah
A A A
RAQQA - Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menembak jatuh sebuah pesawat jet tempur milik militer rezim Suriah. Insiden itu terjadi Selasa saat militer Suriah melakukan serangan udara di Raqqa.

Demikian keterangan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.”Ini adalah pesawat pertama yang ditembak jatuh sejak rezim Suriah melancarkan serangan udara terhadap para militan pada bulan Juli 2014, setelah kelompok itu memproklamirkan kekhalifahan Islam,” bunyi pernyataan kelompok pemantau krisis Suriah itu.

Direktur Observatorium, Rami Abdel Rahman, mengatakan, pesawat jet tempur militer loyalis Presiden Bashar al-Assad tersebut semula menggempur basis ISIS di Raqqa. Namun, pesawat itu menabrak sebuah rumah di Kota Efrat Valley, wilayah yang sudah di luar kendali pemerintah Assad.

Kelompok ISIS memamerkan foto puing-puing pesawat jet tempur Suriah itu sebagai bukti, bahwa mereka telah menembak jatuh pesawat milik rezim Assad tersebut. (Baca: Sebut Koalisi Setan, al-Qaeda Akan Bantu ISIS Lawan AS)

”Tuhan Maha Besar, puji syukur kepada Tuhan. Kita bisa memastikan bahwa pesawat militer telah ditembak jatuh di Raqqa,” tulis seorang militan yang mengaku sebagai Singa dari ISIS dalam akun Twitter-nya, sebagaiman dilaporkan Reuters, Rabu (17/9/2014).

Pemerintah Assad belum memberikan konfirmasi soal penembakan pesawat tempur mereka yang dilakukan kelompok ISIS. Pemerintah Assad sendiri tidak diajak AS untuk berkoalisi melawan ISIS baik di Irak maupun di Suriah.

Padahal, perang melawan ISIS akan berlangsung di wilayah Suriah. Pemerintah Assad pernah memperingatkan, bahwa serangan terhadap ISIS tanpa koordinasi dengan Suriah dianggap sebagai agresi ilegal.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3755 seconds (0.1#10.140)